Kamis, 11 Februari 2010

Teknologi Mengalihkan Duniaku; Tugas 1

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi pun berkembang dengan pesat. Teknologi sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia sangat tergantung dengan teknologi karena teknologi memudahkan hidup manusia. Pengaruh teknologi sudah meluas ke berbagai bidang kehidupan. Seperti yang tertulis dalam buku Psikologi Pendidikan karya John W. Santrock, teknologi adalah tema penting dalam pendidikan. Ini menunujukkan bahwa teknologi dibutuhkan di semua bidang.
Salah satu contoh teknologi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan adalah komputer dan internet. Kedua hal ini sudah seperti menjadi sesuatu yang mutlak untuk digunakan dalam dunia pendidikan. Bahkan sekarang sudah ada mata pelajaran TIK dalam kurikulum yang baru. Penambahan satu mata pelajaran ini menunjukkan bahwa teknologi benar-benar tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Internet memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Internet bisa memberikan kita banyak informasi dari belahan dunia lainnya, dan itu dapat kita lakukan dengan hanya duduk di depan komputer.
Dulu ketika saya masih duduk di bangku sekolah saya tidak terlalu memaksimalkan fungsi dari teknologi ini (komputer dan internet). Alasan saya melakukan itu karena guru saya jarang memberikan tugas yang berhubungan dengan teknologi tersebut. Kalaupun ada, tugas tersebut dikerjakan oleh kelompok dan biasanya saya tidak ikut bekerja karena pada saat itu saya kurang mengerti cara menggunakan komputer dan internet (gaptek).
Namun, seiring dengan berjalannya waktu, mau tidak mau saya harus belajar menggunakan internet. Karena pada saat itu saya sedikit merasa malu karena di saat teman-teman saya sibuk membicarakan situs-situs pertemanan yang ada, saya hanya bisa terdiam dan mendengarkan cerita mereka. Sejak saat itu saya mulai belajar menggunakan internet.
Saya baru benar-benar memaksimalkan fungsi internet pada saat saya duduk di kelas 3 SMA. Pada saat menjelang ujian saya sibuk mencari contoh-contoh soal ujian dari tahun-tahun sebelumnya untuk dipelajari. Saat itu saya benar-benar merasakan manfaat dari internet. Saya bisa mendapat contoh-conoh soal tanpa perlu meminjam dari orang lain. Dengan internet saya juga mencari informasi tentang perguruan tinggi yang akan saya masuki. Dan saya juga bisa mendaftar untuk ujian masuk perguruan tinggi.
Semenjak saya duduk di bangku perguruan tinggi, saya menjadi semakin akrab dengan internet. Saya bisa mencari bahan-bahan untuk membuat tugas dari internet. Bahkan sekarang, dosen saya mewajibkan setiap mahasiswa untuk membuat blog. Setiap tugas yang diberikan oleh dosen bisa dimasukkan di blog tersebut. Selain itu blog tersebut juga bisa sebagai sarana untuk mengasah kreativitas mahasiswa.

Teknologi mempunyai sisi positif dan sisi negatif. Sisi positifnya seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Internet bisa memberikan begitu banyak informasi yang kita butuhkan, dan ini bisa dilakukan dari satu tempat. Namun, banyak juga sisi negatifnya. Seperti yang pernah saya lakukan. Saya pernah mencoba mencari bocoran jawaban Ujian Nasional melalui internet. Walaupun akhirnya saya tidak mendapatkan bocoran jawaban tersebut. Teknologi juga bisa membantu orang dengan niat yang tidak baik untuk melakukan kejahatan. Misalnya saja pembobolan bank yang terjadi baru-baru ini.
Internet memberi manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Internet memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Internet membuat dunia menjadi tanpa batas. Kita bisa saja berkomunikasi dengan orang di belahan bumi lainnya padahal kita masih berada di dalam rumah. Namun, kita juga harus bijaksana dalam menggunakan internet. Jangan sampai kita menggunakan teknologi yang sangat canggih ini untuk merugikan orang lain.


Daftar Pustaka
Santrock, John. W. (2008). Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta: Kencana
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Medan, 11 Februari 2010
Rismaya Saragih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar